Review Kutukutubuku.com: Kemudahan Bertransaksi Dalam Genggaman

Sebagai seorang yang menyukai aktifitas membaca, kadang saya sering kecewa ketika mencari buku di salah satu toko buku terkenal tanah air. Bukan karena pelayanannya, tapi lebih karena buku yang saya inginkan tidak tersedia. Otomatis, dari segi waktu, pikiran, serta biaya (ongkos perjalanan) terbuang percuma.

Belum lagi komputer katalog yang disediakan. Sangat menyebalkan. Meskipun di layar terpampang buku yang saya inginkan tersedia, namun seringkali saya menemui kesulitan untuk mencarinya. Betapa tidak, meskipun dalam hasil pencarian disebutkan nomor rak buku, namun tidak ada satupun rak buku yang ada di sana memiliki nomor. Yang ada hanyalah papan jenis kategori buku.

Nah, belakangan ini saya lebih senang untuk mencari buku secara online. Yup, hanya bermodalkan koneksi internet, laptop, serta judul buku yang saya inginkan, saya bisa mencarinya dengan mudah. Salah satu situs yang sering saya kunjungi adalah kutukutubuku.com. Selain koleksi buku yang lumayan lengkap, harganya boleh dibilang lebih murah dibandingkan dengan toko buku online lainnya.
Berikut ini adalah tampilan situsnya.

Telihat warna merah yang sangat dominan dari situs ini. Ups, tapi bukan masalah warna yang akan bahas, karena saya payah dalam hal perpaduan warna. Yang akan menjadi topik pembicaraan pada tulisan ini adalah web usability-nya, sebagaimana tulisan saya yang sebelumnya. Namun untuk pembahasan tersebut, tidak akan saya tulis di sini, melainkan pada tulisan selanjutnya.

Kembali lagi ke situs kutukutubuku.com. Boleh dibilang toko buku online ini adalah yang terbaik (menurut saya). Satu-satunya yang kurang adalah tidak adanya layanan support online, sehingga setiap pertanyaan mengenai stok buku ataupun hal lainnya harus dilakukan melalui email ataupun telepon.

Yang paling menarik adalah layanan bungkus kado yang disediakan. Hal ini sangat membantu apabila kita ingin memberikan hadiah berupa buku kepada orang terdekat kita. Kita tidak perlu lagi susah-susah memikirkan tentang bungkusnya. Cukup dengan memesan buku, meminta layanan bungkus kado, serta alamat ditujukan kepada orang yang akan kita beri hadiah, Sangat mudah, dan tentunya lebih praktis.